1. Pendidikan Agama Islam
a) Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi
b) Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai
Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
c) Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan,
taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan
fitnah
d) Memahami sumber hukum Islam dan hukum
taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
e) Memahami sejarah Nabi Muhammad pada
periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di
dunia
2. Pendidikan Agama Kristen
a) Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam
pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
b) Merespon berbagai bentuk kehidupan modern,
perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada
ajaran Kristen
c) Bertanggung jawab sebagai orang Kristen
dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
3. Pendidikan Agama Katolik
a) Peserta didik dapat menguraikan pemahaman
tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang
memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak
yang bebas untuk bertindak secara bertanggung
jawab.
b) Peserta didik menguraikan pemahaman
tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan
oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
c) Peserta didik dapat menguraikan pemahaman
makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan
bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.
d) Peserta didik menguraikan fungsi Gereja
yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan
melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi
manusia dengan menegakkan nilai-nilai
Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup
4.
Pendidikan Agama Hindu
a) Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum
Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
b) Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa
Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
c) Memahami tata cara persembahyangan,
pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
d) Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda
Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu
e) Memahami struktur, hakikat dan pelestarian
kesucian tempat suci
f) Memahami perhitungan hari-hari suci
menurut Hindu
g) Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra
dan hakekatnya
h) Memahami proses penciptaan dan pralaya
alam semesta
i)
Memahami
nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan
agama Hindu di India dan negara lainnya
5.
Pendidikan Kewarganegaraan
a) Memahami hakekat bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
b) Menganalisis sikap positif terhadap
penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
c) Menganalisis pola-pola dan
partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik
di Indonesia maupun di luar negeri
d) Menganalisis peran dan hak warganegara dan
sistem pemerintahan NKRI
e) Menganalisis budaya politik demokrasi,
konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
f) Mengevaluasi hubungan internasional dan
sistem hukum internasional
g) Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat
madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
h) Menganalisis peran Indonesia dalam politik
dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
i)
Menganalisis
sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah
internasional
6.
Bahasa Indonesia
Tingkat Semenjana
a) Mendengarkan
Memahami wacana
lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
b) Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
c) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
d) Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tingkat Madia
e) Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
f) Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi
yang berkaitan dengan pekerjaan
g) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
pekerjaan
h) Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat
Unggul
i)
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah
sederhana
j)
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan
kegiatan ilmiah sederhana
k) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
kegiatan ilmiah sederhana
l)
Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
7.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
a) Mempraktekkan keterampilan permainan dan
olahraga dengan menggunakan peraturan
b) Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan
irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
c) Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap
tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
d) Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi
senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
e) Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti
renang, permainan di air dan keselamatan di air
f) Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar
kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung,
dan lain-lain
g) Memahami budaya hidup sehat dalam
kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat,
mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan
HIV
8.
Seni Budaya
Seni
Rupa
a) Memahami konsep seni rupa dan memahami
pentingnya seni rupa dalam kehidupan
b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni
rupa
Seni
Musik
a) Memahami konsep seni musik dan memahami
pentingnya seni musik dalam kehidupan
b)
Menunjukan
sikap apresiatif terhadap seni musik
Seni Tari
a)
Memahami
konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
b)
Menunjukan
sikap apresiatif terhadap seni tari
Teater
a) Memahami
konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater
9. Matematika
a) Memahami konsep operasi bilangan riil
serta penerapannya dalam pemecahan masalah
b) Memahami sistem persamaan linier,
pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
c) Memahami logika matematik dalam pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
d) Memahami konsep matriks dan penerapannya
dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
e) Memahami konsep barisan dan deret dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
f) Memahami konsep kedudukan, jarak, dan
besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
g) Memahami konsep teori peluang dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
h) Memahami konsep statistik sederhana dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
i)
Memahami
konsep matematika keuangan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
j)
Menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
k) Menalar secara kritis dan mengembangkan
aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
l)
Menerapkan
Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
10. Ilmu
Pengetahuan Alam
a) Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui
pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
b) Mengenali berbagai jenis polusi dan
dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
c) Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta
dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber
daya alam
d) Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan
kompetensi produktif dan pengembangan diri
11. Bahasa
Inggris
Level Novice
a) Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
b) Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
c) Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d) Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
Level Elementary
i.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
ii.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
iii.
Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
iv.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara
tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
Level Intermediate
a)
Mendengarkan
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan keprofesian
b)
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
keprofesian
c)
Membaca
Memahami
makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
keprofesian
d)
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara
tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
12. Ilmu
Pengetahuan Sosial
a) Memahami konsep-konsep interaksi antar
individu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
b) Memahami proses perkembangan kolonialisme
dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
c) Memahami konsep kebutuhan manusia akan
barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan
kebutuhan
d) Berpikir logis dan kritis, rasa ingin
tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
e) Memiliki komitmen tinggi terhadap
nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
f) Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan
global.
13.
Kewirausahaan
a) Mampu mengidentifikasi kegiatan dan
peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan
masyarakatnya
b) Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
c) Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan
mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja
prestatif dalam kehidupannya
d) Mampu merencanakan sekaligus mengelola
usaha kecil/mikro dalam bidangnya
14. Dasar Kompetensi kejuruan Penjualan :
Ekonomi
a) Menerapkan hukum, motif dan prinsip
ekonomi dalam kegiatan bisnis
b) Menerapkan prinsip dasar produksi dalam
kegiatan bisnis
c) Menentukan bentuk badan usaha dan
memanfaatkan lembaga keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar