Jumat, 12 April 2013

Standar Kelulusan Lulusan Mata Pelajaran SMK



1.       Pendidikan Agama Islam
a)      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
b)      Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
c)      Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
d)     Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
e)      Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
2.      Pendidikan Agama Kristen
a)      Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
b)      Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
c)      Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
d)     Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera
3.      Pendidikan Agama Katolik
a)      Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara  bertanggung jawab.
b)      Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
c)      Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.
d)     Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia  dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup


4.      Pendidikan Agama Hindu
a)      Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
b)      Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
c)      Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
d)     Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu
e)      Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
f)       Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
g)      Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
h)      Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta
i)        Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya


5.      Pendidikan Kewarganegaraan
a)      Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
b)      Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
c)      Menganalisis pola-pola  dan  partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun  di luar negeri
d)     Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
e)      Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
f)       Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
g)      Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
h)      Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
i)        Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional
6.      Bahasa Indonesia
                       Tingkat Semenjana
a)      Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b)      Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
c)      Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d)     Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tingkat Madia
e)      Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
f)       Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
g)      Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
h)      Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat Unggul
i)        Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
j)        Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
k)      Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
l)        Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

7.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
a)      Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
b)      Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
c)      Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
d)     Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
e)      Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
f)       Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
g)      Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV
    8.   Seni Budaya
Seni Rupa
a)      Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan
b)      Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa
Seni Musik
a)      Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan
b)      Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik
Seni Tari
a)      Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
b)      Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni tari
          Teater
a)      Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
b)      Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater
9.     Matematika
a)      Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
b)      Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
c)      Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
d)     Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
e)      Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
f)       Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
g)      Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
h)      Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
i)        Memahami konsep matematika keuangan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
j)        Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
k)      Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
l)        Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

10.   Ilmu Pengetahuan Alam
a)      Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
b)      Mengenali berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
c)      Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber daya alam
d)     Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

11.  Bahasa Inggris
Level Novice
a)            Mendengarkan
      Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b)      Berbicara
      Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
c)      Membaca
      Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d)     Menulis
      Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Level Elementary
                                                                                      i.      Mendengarkan
      Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
                                                                                    ii.      Berbicara
      Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
                                                                                  iii.      Membaca
      Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
                                                                                  iv.      Menulis
      Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
                         Level Intermediate
a)      Mendengarkan
      Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
b)      Berbicara
      Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
c)      Membaca
      Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
d)     Menulis
      Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian



12.   Ilmu Pengetahuan Sosial
a)      Memahami konsep-konsep interaksi antar individu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
b)      Memahami proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
c)      Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan
d)     Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
e)      Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
f)       Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.
13.   Kewirausahaan
a)      Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
b)      Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
c)      Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya
d)     Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya
14. Dasar Kompetensi kejuruan Penjualan : Ekonomi
a)      Menerapkan hukum, motif dan prinsip ekonomi dalam kegiatan bisnis
b)      Menerapkan prinsip dasar produksi dalam kegiatan bisnis
c)      Menentukan bentuk badan usaha dan memanfaatkan lembaga keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar