Dasar Kompetensi Kejuruan Multimedia
1. Merakit personal komputer
|
1.1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2. Melakukan instalasi koponen PC
1.3. Melakukan Keselamatan kerja dalam merakit
komputer
1.4. Mengatur komponen PC mengunakan software
1.5. Menyambutng periperal menggunakan software.
|
2. Melakukan instalasi sistem operai dasar
|
2.1. Menjelaskan langkah instalasi sitem operasi
2.2. Melaksankaaninstalasi sofware sesuai installatiion
manual
2.3. Mengecek hasil instalasi menggunakan
sofware
2.4. Melakukan trobleshooting
|
3. Menerapkan
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup
|
3.1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan
kerja (K3)
3.2. Melaksanakan prosedur K3
3.3. Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama
pada kecelakaan.
|
Kompetensi Kejuruan Multimedia
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan
tentang multimedia
1.2 Menjelaskan
multimedia content production
1.3
Menjelaskan multimedia communication.
|
2. Memahami
alir proses produksi produk multimedia
|
2.1
Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2
Menjelaskan proses production multimedia
2.3
Menjelaskan
proses post production multimedia.
|
3.
Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan
langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan
perawatan peralatan multimedia
3.3 Membuat
kartu perawatan peralatan multimedia.
|
4.
Mengelola isi halaman web
|
4.1 Memeriksa
informasi untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa
links dan navigasi
4.3 Mengedit
informasi sesuai kebutuhan
4.4 Menguji
dan memastikan perubahan perubahan.
|
5.
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1 Menjelaskan
prosedur pengoperasian kamera video
5.2 Mengoperasikan
kamera video
5.3 Mengisi
dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4
Mengoperasikan
kamera
5.5 Menata
kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan
clapper board.
|
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam
desain komunikasi visual untuk multimedia
|
6.1 Menjelaskan
kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2 Membuat
sketsa
6.3 Menggambar
perspektif
6.4 Menggambar
objek
6.5 Menggambar
ilustrasi.
|
7.
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1 Menjelaskan
syarat animasi
7.2 Membuat
gambar kunci
7.3 Mengatur
dan melengkapi gambar kunci.
|
8.
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1 Mendeskripsikan
gambar yang asli
8.2 Membuat
gambar-gambar asli
8.3 Mendeskripsikan
gambar tiga dimensi
8.4
Membuat
gambar tiga dimensi.
|
9.
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1
Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
9.2
Membuat
model warna dan tempat warna.
|
10. Menggabungkan teks kedalam sajian
multimedia
|
10.1 Menggunakan
software teks multimedia
10.2 Mendesain
teks multimedia.
|
11. Menggabungkan gambar 2D kedalam
sajian multimedia
|
11.1 Mengedit
gambar digital
11.2 Menggunakan
software grafik multimedia 2D
11.3 Menciptakan
design grafik Multimedia 2D
11.4 Menampilkan
karya seni digital 2D.
|
12. Menggabungkan
fotografi digital kedalam sajian multimedia
|
12.1
Menggunakan
kamera digital
12.2 Menggabungkan
foto digital kedalam rangkaian Multimedia
12.3 Menciptakan
susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
|
13. Menggabungkan
audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1 Menjabarkan
format audio digital
13.2
Menggunakan
software audio digital
13.3
Merancang
audio digital
13.4
Membangun
track audio digital.
|
14. Membuat story board aplikasi
multimedia
|
14.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
14.2 Merencanakan
alur isi story board
14.3 Medeskripsikan
proses pelaksanaan dalam story board.
|
15. Memahami
cara penggunaan peralatan tata cahaya.
|
15.1
Menjelaskan
dasar tata cahaya
15.2
Menjelaskan
efek cahaya
15.3
Menyiapkan
operasi lighting
|
16. Menerapkan
efek khusus pada objek produksi
|
16.1 Mengidentifikasikan
materi penunjang efek khusus
16.2 Menginstallasi
software efek khusus
16.3 Membuat
efek khusus pada obyek.
|
17. Menyusun
proposal penawaran
|
17.1
Menganalisa
syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi
keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat
rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
17.4
Membuat
proposal
17.5
Membuat
pengajuan permohonan tender.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar