Jumat, 12 April 2013

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

1.      Tujuan SMK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 undang-undang Sisdiknas merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik pertama untuk bekerja dalam bidang tertentu
      a. Tujuan Umum Pendidikan Menengah Kejuruan adalah sebagai berikut :
1.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokrasi dan bertanggung jawab.
3.      Mengembangkan fotensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, menghargai dan memahami keanekaragaman budaya bangsa.
4.      Mengembangkan fotensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumberdaya alam dengan efektif dan efesien.
b. Tujuan Khusus Pendidikan Menengah Kejuruan adalah sebagai berikut:
1.      Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterapilan dala program keahlian Multimedia, agar dapat bekerja dengan baik serta mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
2.      Mendidik peserta didik agar mampu memilih karier, berkompetisi dalam mengembangkan sikap propesional dalam program keahlian Multimedia.
3.      Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian Multimedia.
4.      Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan masa yang akan datang dalam limgkup keahlian teknologi informasi dan komunikasi khususnya program studi keahlian teknik komputer dan informatika, kompetensi keahlian multimedia
5.      siap untuk memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap propesional dalam lingkup keahlian teknologi informasi dan komunikasi khususnya kompetensi keahlian Multimedia
6.      Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.
7.      menjadi warga negara yang produktif dan kreatif





B. Visi dan Misi SMK
     Visi SMK
   Membekali tamatan yang memiliki keterampilan dan sikap mandiri agar dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha / industri dan menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEK serta mampu bersaing secara kompetitif dalam era Global.
Misi SMK
Menyiapkan siswa agar menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang produktif, terampil dan mandiri untuk lapangan kerja dalam upaya mempercepat, memperkokoh pertumbuhan ekonomi dalam rangka pembangunan Nasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar